Header Ads

Di Balik Mitosnya Keris Omyang Jimbe

Mitos - Keris Omyang Jimbe adalah, nama sebuah keris yang sangat ampuh. Oleh sebab itu keris ini  banyak buruoleh para kolektor benda antik, atau benda-benda bertuah.
Kalau dilihat secara kasat mata Keris Omyang Jimbe memang terlihat sederhana dan biasa saja. Namun keris umyang jimbe ini mempunyai kemampuan daya magis yang sangat ampuh. Banyak masyarakat jawa meyakini jika kekuatan keris ini terkenal dengan kekuatannya bisa mendatangkan rezeki dan cocok untuk dipakai para pengusaha.
"Keris ini mempunyai energi yang sangat ampuh. Bahkan konon, KERIS OMYANG JIMBE banyak di cari karena dapat digunakan untuk mendatakangkan uang dari alam ghaib,"Jelas Kijogo Pesisir kepada Teropongmalam.com, Selasa (4/4) malam.
Kijogo Pesisir seorang spiritual asal kota Gedhe Jogjakabupaten Cepu, menunjukkan keajaiban keris omyang jimbe yang dimilikinya. "Keris ini mempunyai keseimbangan yang sangat sempurna, sehingga bisa berdiri, nanti saya akan peragakan keris yang sejarahnya dulu dari Mataram terakhir yakni Centhini,” kata Kijogo.
Beberapa literatur kuno baik versi jawa tentang sejarah perkerisan (serat centhini) maupun buku-buku yang di terbitkan oleh penjajah Belanda pada zaman dahulu kala, menjelaskan bahwa keris berdapur puthut(bocah) kembar yang biasa di sebut sebagai omyang jimbe banyak jenis dan macam versi. Meski sebenarnya penamaan omyang jimbe ini kurang pas dan pakem. Pasalnya tentang penamaan keris ini sendiri di ambil dari nama seorang empu bernama omyang yang hidup di zaman kerajaan pajang.
Namun keris  tersebut hingga sekarang sudah terbiasa di kalangan masyarakat dengan sebutan Omyang Jimbe. Menurut Kijogo untuk keris ini sendiri macam banyak jensnya.
"Keris yang biasa di sebut omyang ini banyak jenisnya, di antaranya Omyang Tagih, Omyang Jimbe, Omyang Tambah Beras, Omyang Cungpet (pemadam listrik), Omyang Kera Nadah  (bagian gandhik bentuk kera kembar bukan puthut kembar),"paparnya.
Keris “Omyang” versi buatan Empu Omyang (Era Pajang) memiliki ganja yang datar tergolong ganja wuwung. Bagaimana dengan yang dikenal masyarakat dengan “omyang jimbe” (yang dikenal memiliki isoteri (tuah) melindungi harta pemiliknya dan memudahkan menagih hutang, bahkan beberapa keris omyang jimbe dapat di manfaatkan sampai menarik dana ghaib. Dan apakah setiap keris “Omyang” sepuh semuanya dibuat oleh Empu Omyang yang hidup di era Pajang ?
Menurut penjelasan di buku versi belanda Omyang yang asli hanya ber pamor, wos wutah, wengkon, toyo membeg, lawe saukel dan kelengan, namun seiring kemajuan zaman keris ini banyak di kembangkan menjadi berpamor lain yang lebih indah lagi.
"Setahu saya sekilas seperti itu mas. Untuk pusaka Omyang Jimbe saya ini banyak yang ingin mahar tapi saya belum berniat. Ndak tahu kalau kelak,"pungkas Kijogo.(Dian Anggraeni)

1 comment:

  1. Informative article, just what I wanted to find.
    Do not forget a visit back to my website: obat pembesar penis vimax

    ReplyDelete

Powered by Blogger.