Header Ads

Mitos Masyarakat Kalimantan, Hantu Kunyang Ajaran Ilmu Hitam Pemakan Darah Bayi

Teropongmalam.com - Hantu Kuyang adalah manusia yang sedang belajar ilmu hitam demi mendapatkan kehidupan yang abadi,Hantu Kuyang hingga saat masih terniang dan terkenal di kalangan masyarakat kalimantan.

Sosok hantu kuyang tidak jauh beda dengan hantu kepala tanpa badan, namun kuyang tidak hanya berbentuk kepala melainkan kepala yang dapat terbang dengan isi perut (jeroan) yang terburai.Sebagian besar yang mendalami ilmu hitam ini adalah wanita.Konon seseorang yang menimba ilmu kuyang,pada siang hari akan tampak layaknya manusia biasa akan tetapi selalu memakai penutup leher untuk menutupi semacam bekas operasi karena katanya pada malam hari,kepalanya akan terlepas dari tubuhnya.

"Kuyang sangat gemar memakan janin dari ibu yang sedang hamil atau pun baru melahirkan,ini disebabkan karena menurut kepercayaan dengan memakan janin tersebut,kekuatan kuyang akan semakin kuat,"terang Anggun (35) warga Klaseman, Kecamatan Sidomukti yang pernah tinggal di Kalimantan dan mengalami beberapa hal ghaib kepada Teropongmalam.com.

Dijelaskan, Dalam mencari mangsanya yaitu ibu hamil, hantu kuyang akan berubah menyerupai  wanita cantik dan menemui calon mangsanya untuk di jadikan santapan. Selanjunya hantu kuyang akan mengusap-usap perut dari ibu hamil tersebut.

"Setiap ingin mencari mangsa, hantu kunyang yang menyerupai wanita cantik akan mengelus elus ibu hamil. Setelah itu ke esokan harinya janin yang dikandung ibu yang telahbdi usap-usap akan hilang secara mendadak. karena konon katanya pada malam harinya telah dimakan oleh kuyang.Selain menyerupai wanita cantik, hantu kuyang bisa berubah menjadi burung atau kucing,"jelasnya.

Menurut cerita warga setempat, jika tinggal di kalimantan dan  dalam keadaan hamil maka untuk menangkal dari siluman hantu kunyang hendaknya  menyiapkan sapu ijuk,atau perabot rumah tangga seperti panci atau wajan,ini berfungsi sebagai penangkal kuyang.Karena katanya,kuyang takut terhadap benda-benda tadi.(Wahyu Widodo)

Bersambung , Minyak Kumang Siluman Berdarah.

No comments

Powered by Blogger.