Header Ads

Sambut Ramadhan Jutaan Masyarakat Islam Laksanakan 'Padusan'. Inilah Maksud Tradisi Padusan

Ribuan masyarakat saat padusan di Pemandian Muncul.
Teropong Malam - Jelang bulan Ramadhan, ratusan juta umat muslim di indonesia gelar tradisi Padusan. Tradisi ini di ikuti dari anak-anak hingga orang dewasa, di ketahui tradisi ini sudah sejak nenek moyang terdahulu.

Istilah padusan sendiri berasal dari 'tetembung' dasar adus atau mandi. Padusan, adalah sebuah proses aktivitas mandi. Padusan dalam pengertian budaya, merupakan sebuah tradisi masyarakat yang mempunyai maksud untuk membersihkan diri atau mensucikan diri baik raga dan jiwa untuk menyambut bulan Ramadhan.

Masyarakat khususnya masyarakat Jawa mempunyai tata cara tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Dalam serangkaian kegiatan di antaranya di bulan Rajab, ribuan umat muslim dari para kyai, ulama, dan ustadz dalam berbagai kesempatan seperti halnya pengajian sudah memberikan tausiah dan menjelaskan bahwa bulan Rajab adalah bulanya Allah SWT.

Sedangkan bulan Ruwah atau Sya'ban adalah bulanya para rosul dan bulan Ramadhan adalah bulannya umat Islam di seluruh penjuru bumi.
Ramadhan merupakan bulan suci dan bulan yang penuh berkah, serta bulan menuju pintu gerbang untuk memulai serangkaian ibadah Ramadhan. Maka itu umat muslim  harus mensucikan diri terlebih dahulu,  baik suci jasmani atupun rohani. Itulah mengapa tradisi padusan hadir di tengah masyarakat.

Inti dari padusan sendiri adalah mandi untuk membersihkan diri sehingga dapat dilakukan dimana saja, semisal di kamar mandi, di pantai, di sendang, di sungai ataupun pancuran. Yang penting pokok dari padusan adalah doa niat dengan sungguh - sungguh.

Padusan sendiri adalah sebuah tradisi turum temurun dan tidak ada aturan khusus yang mengatur dalam ajaran Islam.Jadi untuk padusan bisa dilakukan sesederhana mungkin seperti mandi besar di hari hari biasa. Hal khusus yang membedakan hanyalah niat bersuci untuk menyambut datangnya hari maupun bulan suci itu tadi. Tidak kurang dan tidak lebih.(Wahyu Widodo)

No comments

Powered by Blogger.