Header Ads

Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Malam Keberkahan dan Pengampunan

Teropong Malam - Di bulan Ramadhan Malam Lailatul Qadar adalah malam yang di tunggu oleh jutaan umat Islam, karena malam tersebut adalah malam yang istimewa.
Umat Islam di berbagai penjuru dunia  berlomba-lomba untuk meraih keutamaannya. Lantaran di malam itu, siapa yang beribadah kepada Allah  SWT akan mendapatkan pahala layaknya ibadah seribu bulan.
Seperti janji Allah SWT , barang siapa yang beribadah pada saat malam Lailatul Qadar maka pahalanya dilipatgandakan mencapai 29.500 kali lipat dari hari hari biasanya.
Namun, pada saat kapan malam Lailatul Qadar itu turun tidak ada yang tahu, karena menjadi rahasia Allah yang tidak pernah dibocorkan dan hanya orang-orang pilihan-Nya lah yang mampu mendapatkan keutamaan.
Maha Suci Allah, Di balik rahasianya dan segala kemuliaan malam Lailatul Qadar, tersembunyi  fakta  yang menakjubkan yang tidak di ketahui  manusia di bumi ini.
Fakta saat malam Lailatul Qadar yakni ketika itu bumi dilanda “baljah” (tingkat suhunya sedang). Maka saat itu tidak ada meteor ataupun bintang yang jatuh ke (atmosfer) bumi, maka pada pagi harinya matahari keluar dengan tanpa radiasi cahaya. Namun hal  tersebut mungkin tidak banyak diketahui oleh kaum muslim di dunia ini.
Malam Lailatul Qadar adalah rangkaian keajaiban 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Adapun Keistimewaan di malam sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan yakni malam sebagai simpul penutupan. Pengampunan dan keberkahan serta pahala terbaik tersaji di antara malam-malam 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.
Malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan.
Keutamaan Lailatul Qadar dalam Q.S Al Qadar secara jelas dan lengkap. “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. ” (QS. Al Qadar: 3).
Para ulama sepakat menerjemahkan maksud lebih baik dari seribu bulan adalah shalat atau amalan kebaikan di malam lebih baik dari shalat dan kebaikan di 1000 bulan yang tidak terdapat di malam Lailatul Qadar.
Hendaknya kita sebagai umat Islam, di malam lailatul qodar hendaklah perbanyak dzikir, membaca Al Quran, itiqaf dan doa.
Selain itu  juga meningkatkan ibadah kepada Allah, baik ibadah wajib maupun sunnah seperti sholat lima waktu, sholat sunnah seperti sholat terawih, sholat witir, sholat tahajud, sholat hajat dan sholat lainya. Kemudian memperbanyak mengingat Allah SWT. seperti membaca tasbih, takbir dan tahmid dan tahlil.(Wahyu Widodo)

No comments

Powered by Blogger.