Header Ads

Asal Usul di Balik Misteri Gunung Merapi

Gunung Merapi.
MITOS,TM - Gunung Merapi, sebuah gunung yang terletak di Jawa Tengah dikenal sebuah gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Gunung ini dengan ketinggian hingga mencapai 2.968 meter dpl.

Seperti di ketahui gunung ini, sejak tahun 1548 pernah meletus sebanyak 68 kali.
Nah... gunung ini selain di kenal dengan erupsinya serta panorama alamnya nan indah, ternyata dari mitos berkembang menyimpan seribu misteri dan aura mistis serta klenik yang cukup kental.

Di kisahkan, Gunung Merapi di percayai di balik keindahanya adalah sebuah pusat kerajaan ghaib yang menguasai Nusantara ini.
Mbah Jinem salah seorang paranormal asal Klaten saat di temui Teropong Malam menceritakan tentang asal usul gunung merapi yang hingga saat ini masih bisu menyimpan sejuta misteri. Dahulunya di wilayah ini masih hutan belantara dan belum ada penghuninya terkecuali binatang buas dan para lelembut.

"Jaman dulu kondis pulau jawa condong miring ke barat, di takutkan pulau jawa akan tenggelam maka para dewapun berfikir serta berdiskusi akan memindahkan sebuah gunung di daerah ini agar seimbang,"tuturnya.

Setelah berdiskusi cukup panjang, para dewa dikerajaan langit tujuh akhirnya sepakat dan memutuskan akan meletakan sebuah gunung untuk penyeimbang. Gunung tersebutpun akhirnya di letakan di tengah tengah pulau Jawa.
"Akhirnya para dewapun sepakat untuk meletakan gunung Jamurdwipa sebuah gunung yang tinggi dan indah dengan keasrian yang sangat menawan,"jelas Mbah Jinem saat menceritakan kepada Teropong Malam , Senin (16/10).

Dengan menyruput secangkit teh, Perempuan berumur 79 tahun ini melanjutkan ceritanya, Saat itu para dewa sebelum memindahkan gunung Jamurdwipa terlebih dahulu turun ke bumi untuk melihat atau mengecek kondisinya.Saat itu di daerah tersebut hanya ada dua orang sakti yaitu Mpu Permadi maupun Mpu Rama, mereka adalah seorang empu pembuat keris.

"Setelah di lihat kondisnya barulah di pindahkan gunung tersebut. Para dewapun sebelum memindahkanya sempat berunding dengan dua empu tersebut. Para empupun sepakat, namun mereka minta waktu sampai keris yang mereka buat biar jadi dulu karena kalau tidak akan menimbulkan mala petaka. Mendengar itu, para dewapun tidak mempedulikan dan secara sepihak memindahkan gunung tersebut. Kedua empu inipun tertindih dan hingga saat ini tidak tahu rimbanya. Dan keris yang di buat empu itu saat ini di bawa oleh seseorang yang tidak bisa saya sebutkan namanya mas. Kenapa sekarang gunung tersebut di berinama Gunung Merapi, karena lambat laun di sekitaran gunung mulai ada penghuninya, dan mereka menamai gunung tersebut sebagai Gunung Merapi karena kerap meletus," tutup cerita Mbah Jinem.(Wahyu Widodo)

Edisi Malam Selasa Kliwon, 26 Suro

No comments

Powered by Blogger.